IDEO.. (UTS/ Midterm)

IDEO adalah sebuah perusahaan konsultan yang  peduli tentang desain, inovasi dan kreativitas. IDEO membantu perusahaan yang membutuhkan desain produk, jasa, lingkungan, dan pengalaman digital mereka. Selain itu, IDEO juga menjadi lebih interaktif untuk membantu manajemen setiap perusahaan juga.

IDEO telah menciptakan banyak produk inovatif. Melalui klien, IDEO telah menyediakan beberapa perusahaan besar dengan menerobos ide-ide, seperti: mouse pertama Apple, mouse kedua Microsoft, Palm V PDA, dan kursi Steelcase’s Leap. Klien utama IDEO termasuk P & G, perusahaan Pepsi, Microsoft, Apple, Eli Lilly, Steelcase, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, IDEO telah  banyak memenangkan penghargaan seperti BusinessWeek dan Industrial Design Excellence Award oleh IDSA daripada perusahaan lain. IDEO telah menempati ranking teratas dalam daftar top 25 perusahaan paling inovatif oleh Business Week, dan telah mempertahankan tempat sejak saat itu. Yang paling menarik adalah bahwa IDEO melakukan pekerjaan konsultan untuk 24 perusahaan lain di peringkat 25 teratas tersebut.

Berdasarkan Business Week, ada 5 langkah agar kita bisa menjadi seperti IDEO, inovatif dan ahli kreatif. IDEO telah berhasi tidak hanya dengan menciptakan desain yang baik tidak hanya pada produk, tetapi juga pengalaman. 5 langkah yang disebut cara IDEO itu adalah langkah-langkah yang mengubah cara perusahaan berinovasi:

1.    OBSERVATION – Memahami pengalaman konsumen.
Beberapa teknik IDEO:
–    Mengamati orang-orang menggunakan produk, belanja, pergi ke rumah sakit, mengambil kereta, menggunakan telepon seluler mereka.
–    Melakukan pemetaan perilaku, dengan cara memotret perilaku orang dalam sebuah ruangan; seperti ruang tunggu rumah sakit, lebih dari dua atau tiga hari.
–    Mencari tahu semua interaksi antara konsumen dengan produk, layanan atau ruang.
–    Meminta konsumen untuk menyimpan buku harian kegiatan mereka sehari-hari, dan visualisasikan dengan produk baru.
–    Menggunakan wawancara, yaitu dengan berbicara kepada orang-orang yang benar-benar mengetahui apa-apa mengenai suatu produk atau jasa, dan mengevaluasi pengalaman mereka yang menggunakannya.
–    Mendorong konsumen untuk menceritakan kisah-kisah pribadi tentang pengalaman mereka.
–    Melakukan wawancara santai dengan kelompok-kelompok masyarakat yang beragam.

2. BRAINSTORMING – Sebuah gagasan yang menghasilkan dengan cara menganalisis data yang dikumpulkan dengan mengamati orang. Setiap orang, waktu berlangsungnya tidak lebih dari satu jam. Aturan brainstorming yang ketat dan dicap di dinding:

–    Menunda Penghakiman: Jangan remehkan ide apapun.
–    Membangun ide orang lain – Tidak “tapi-tapian,” hanya “dan.”
–    Mendorong ide-ide liar: Merangkul yang paling out-of-the-box pengertian karena mereka dapat menjadi kunci solusi.
–    Go for Quantity: Mencari tujuan sebanyak mungkin ide-ide baru. Dalam sesi yang baik, sampai dengan 100 ide-ide yang dihasilkan dalam 60 menit.
–    Jadilah visual: Gunakan kuning, merah, dan biru spidol untuk menulis di besar-besar yang diletakkan di dinding.
–    Tetap fokus pada topik: Selalu menjaga diskusi mengenai sasaran.
–    Satu percakapan pada suatu waktu: Tidak mengganggu, tidak mengabaikan, tidak ada disrepect, tidak ada kekasaran.

3. RAPID PROTOTYPING – Mocking up model bekerja membantu semua orang memvisualisasikan solusi yang mungkin dan mempercepat pengambilan keputusan dan inovasi.

Beberapa panduan:
–    Mock up Segalanya: Mungkin untuk menciptakan model tidak hanya produk tetapi juga layanan seperti perawatan kesehatan dan ruang seperti lobi museum.
–    Gunakan Videography: Membuat film pendek untuk menggambarkan pengalaman konsumen.
–    Go Fast: Membangun mock-up cepat dan murah. Pernah membuang waktu pada konsep-konsep rumit.
–    Tanpa embel-embel: Membuat prototipe untuk mendemonstrasikan sebuah ide desain tanpa banyaknya rincian.
–    Buat Scenario cerita: Tunjukkan bagaimana berbagai orang menggunakan layanan dengan berbagai cara dan bagaimana berbagai desain dapat memenuhi kebutuhan individual mereka.
–    Bodystorm: Menggambarkan berbagai jenis konsumen dan bertindak peran mereka.

4. REFINING – Pada tahap ini, IDEO mempersempit beberapa pilihan untuk beberapa kemungkinan.
Berikut adalah cara melakukannya:

–    Menyaring ide-ide dan fokus pada pilihan terbaik yang ada.
–    Fokus pada beberapa ide kunci untuk mencapai solusi yang optimal pada suatu masalah.
–    Melibatkan klien secara aktif dalam proses mempersempit pilihan.
–    Disiplin dan kerasdalam membuat pilihan, fokus pada hasil dari proses mencari solusi yang terbaik.
–    Mendapatkan persetujuan dari semua pemegang saham, semakin tinggi kita menangani solusi sebuah permasalahan pada bagian eksekutif, semakin besar peluang keberhasilan kita.

5. PELAKSANAAN – IDEO memiliki teknik yang kuat, desain, dan kemampuan ilmu sosial untuk menanggung ketika benar-benar menciptakan suatu produk atau jasa.
–    Libatkan tenaga kerja yang beragam dari 40 negara untuk melaksanakan rencana.
–    Karyawan yang Workforce memiliki gelar di berbagai jenis teknik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: